https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA SMP | Zulfa | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA SMP

Khalidha Zulfa

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel pada siswa SMP. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 12 Purworejo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak dua siswa. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah dengan purposive sampling. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain jawaban tes siswa dan hasil wawancara terhadap dua subjek. Analisis data yang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel menunjukkan bahwa siswa sudah mampu untuk merumuskan pokok-pokok permasalahan dengan baik (clarification), mampu untuk memberikan suatu alasan untuk menghasilkan argumen yang benar (Assessment), mampu menyelesaikan masalah dengan beragam alternatif berdasarkan pada konsep (strategy and tactic), siswa mampu untuk menuliskan sebuah kesimpulan akhir dengan jelas dan logis berdasarkan hasil dari penyelidikan (inference). (2) Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel hanya sampai pada tahap berpikir kelancaran (fluency) saja, hal ini terlihat dari kelancaran siswa dalam menyelesaikan soal dengan baik dan menghasilkan jawaban yang benar serta mampu untuk menjelaskan langkah-langkah penyelesaian dengan baik dan benar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i3.8584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.